Makanan Penambah Daya Tahan Tubuh

Makanan merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi kekebalan tubuh lho!

Nutrisi yang buruk dapat meningkatkan risiko Kamu dan keluarga terserang penyakit.

Hal ini dikarenakan, seluruh sel-sel dalam tubuh Kamu membutuhkan nutrisi yang baik agar imun tubuh dapat bekerja sesuai dengan fungsinya.


Kurangnya vitamin, mineral, kalori, dan protein dapat menurunkan daya tahan tubuh dan membuatnya sulit untuk melawan bakteri dan virus.

Salah satu cara mudah agar Kamu dan keluarga tidak mudah jatuh sakit adalah dengan mengonsumsi makanan yang dapat menambah produksi imun di dalam tubuh.

Simak dulu yuk, makanan apa saja yang dapat menambah daya tahan tubuh kita.

8 Makanan Yang Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh


Tingkatkan daya tahan tubuh dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi, vitamin, dan mineral seperti di bawah ini yuk!


1. Wortel


Wortel merupakan pilihan utama makanan penambah daya tahan tubuh

Karena wortel kaya akan vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh.

Antioksidan yang terkandung di dalam wortel berfungsi untuk membantu tubuh melawan radikal bebas, melindungi sel-sel dalam tubuh, hingga mengurangi infeksi dalam tubuh.

Kamu juga dapat mengolah wortel sebagai jus karena di dalamnya mengandung vitamin C yang dapat membantu Kamu melalui musim flu dan batuk.

2. Jahe


Ketika ada anggota keluarga yang sedang sakit, mungkin Kamu akan memilih jahe sebagai pertolongan pertama.

Berbagai penyakit seperti radang tenggorokan, flu, batuk, perut mual, dll dapat diatasi dengan secangkir jahe panas.

Setiap jahe mengandung antihistamin yang dapat melindungi tubuh dari alergi dan dekongestan yang mampu menjaga tubuh agar terhindar dari flu dan batuk.

3. Bayam


Sayur bayam merupakan salah satu sajian rumahan yang mudah dan enak.

Tahukah Kamu, bayam mengandung antioksidan dan beta karoten yang tinggi sehingga mampu meningkatkan imun tubuh Kamu dan keluarga.

Kamu perlu tahu nih, sebaiknya masak sayur bayam 1-3 menit didalam air mendidih agar tidak hilang nutrisi yang terkandung di dalamnya.

4. Kunyit


Bumbu dapur yang satu ini juga memiliki fungsi sebagai penambah daya tahan tubuh.

Kunyit dikenal dari ratusan tahun yang lalu dapat mengatasi penyakit rheumatoid arthritis dan osthearthritis.

Kunyit mengandung curcumin, antioksidan, dan anti-inflamasi yang dapat melindung tubuh dari radikal bebas serta meningkatkan daya tahan tubuh.

5. Pepaya


Tingkatkan daya tahan tubuh Kamu dan keluarga dengan mengonsumsi buah pepaya karena di dalamnya mengandung vitamin C yang melimpah dan dibutuhkan tubuh.

Selain itu, buah yang memiliki rasa enak dan kaya akan nutrisi ini punya manfaat yang lain, yaitu dapat menjaga sekaligus melancarkan sistem pencernaan Kamu dan keluarga.

Yuk, lebih sering mengonsumsi buah pepaya.

6. Kiwi


Sama halnya dengan buah pepaya, Kiwi juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh dengan kandungan nutrisi yang penting bagi tubuh seperti vitamin C, folat, potasium, dan vitamin K.

Buah kiwi sangat baik bagi tubuh karena kandungan nutrisinya dapat membantu menjaga seluruh fungsi organ tubuh dengan baik dan benar dengan cara melawan infeksi yang masuk ke dalam tubuh.

7. Ubi jalar


Mengonsumsi ubi jalar ternyata baik untuk kesehatan tubuh

Ubi jalar kaya akan beta karoten yang dapat menangkal radikal bebas sehingga melindungi sel-sel dalam tubuh.

Selain itu, vitamin A yang terdapat dalam ubi jalar juga mampu meningkatkan sistem imun tubuh dan menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker.

Nah, selain meningkatkan daya tahan tubuh, ubi jalar juga mengandung jumlah kalori yang rendah, kaya akan serat, dan baik untuk sistem pencernaan.

8. Bawang putih


Bawang putih memiliki ragam manfaat untuk kesehatan tubuh seperti menurunkan risiko penyakit jantung, kolestrol, hingga batuk dan flu.

Hal ini dikarenakan bawang putih mengandung antioksidan yang berfungsi untuk melawan bakteri dan virus sehingga Kamu dapat terhindar dari berbagai penyakit.



Memulai hidup sehat tidaklah sulit, Kamu hanya perlu mengatur pola makan yang baik agar anggota keluarga tidak mudah jatuh sakit.

Jangan lupa untuk memberikan variasi menu sehat setiap harinya dan tambahkan Bio-Strath agar daya tahan tubuh keluarga tetap terjaga dan terhindar dari berbagai penyakit.